Friday, July 1, 2011

DABU-DABU ROA


Akhirnya masuk ulekan juga tu ikan roa... secara uda setahun lebih semedi didalam wadah pelastik kedap udara... bukannya sengaja biarin si ikan roa semedi di wadah itu tapi bener-bener kelupaan. Kemarin waktu mau ambil cumi asin yang juga semedi selama setahun lebih di wadah pelastik kedap udara tiba-tiba nongol ni ikan roa yang tinggal 2 ekor... tapi sayang yang satu ekor kepalanya mungkin uda kembali ke laut... heheheh...

Ikan roa ini salah satu ikan khas Manado... yang pengawetannya dilakukan dengan cara diasapkan... jadi bener-bener bebas bahan kimia... ikan inipun bisa bertahan selama bertahun-tahun asalkan disimpan di wadah yang kedap udara or di kulkas...
Contohnya aja ikan ini... teksturnya masih bagus, kulitnya masih mengkilat... padahal ikan ini dibawa mama dari Manado setahun yang lalu... waktu itu aku lagi hamil 9 bulan (uda dekat-dekat melahirkan)... dan sekarang si Viyi uda berumur satu tahun... nah loh... this is the last roa fish yang ada di lemari penyimpanan bahan makanan... hehehhehe....


Waktu usia kehamilan 6 bulang dulu sempat jalan-jalan ke Bali... trus waktu itu kita diundang lunch di rumahnya tanteku yang adalah teman baiknya suamiku... waktu itu ada menu yang bikin ketagihan yaitu sambal roa... yang orang Manado bilang dabu-dabu roa... Cara bikinnya, ikan roa digoreng terlebih dahulu kemudian ditumbuk kasar... gak sampe halus... terus dicampur dengan saus... terus dimakan dengan nasi hangat... hhhmmm rasanya bener-bener bikin nambah...
Makanya waktu mama mau datang ke Makassar langsung pesan supaya dibawain ikan roa... terus waktu itu hampir setiap hari bikin dabu-dabu roa... uenaaaaak soalnya... tapi cara bikinnyan berbeda dengan tanteku... kalo buatanku ikan roanya digoreng terlebih dahulu terus ditumbuk sampai bener-bener halus... soalnya kalo cuma ditumbuk kasar... ntar bakal jadi kayak cemilan...

Bahan:
2ekor Ikan roa
1bh Bawang merah
1btg Daun bawang, iris kasar
1bh Tomat besar
15bg Cabe rawit
Garam, secukupnya

Cara membuat:
  1. Goreng terlebih dahulu semua bahan, kemudian ditumbuk satu persatu mulai dari cabe rawit dan garam - daun bawang - bawang merah - ikan roa dan terakhir tomat yang sudah diiris-iris. Setelah itu goreng kembali dengan 1 sdm Minyak bekas goreng bahan.
Note: 
Kalo gak ada ikan roa bisa juga diganti dengan ikan teri kering yang telah digoreng terlebih dahulu... akan tetapi rasanya akan berbeda... tapi tetep enak kok... 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...